• Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kota Baubau
  • Sabtu, 24 Agustus 2019
BERITA
Pemkot Baubau Rancang Program Monumental
21 Maret 2019 05-57-14

Adrenalin birokrat lingkup Kota Baubau tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Pasalnya, Wali Kota Dr H AS Tamrin memastikan setiap tahun merancang program munumental.

Hal tersebut mulai terasa dalam Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang digelar di bawah institusi dipimpin La Ode Aswad SSos MSi di Kantor Bappeda Baubau, Rabu (20/3).

Sekretaris Bappeda, Andi Hamzah menyatakan forum OPD membahas program perencanaan tahun 2020 bersifat top down, setelah sebelumnya buttom up dari kelurahan. Semangat forum OPD sudah harus mengacu ke RPJMD lantas di-brekdown sesuai Tupoksi.

“Mengarahkan agar sesuai. OPD sudah buat Renja (rencana kerja), dibawa kesini untuk diverifikasi dan disepakati agar menjadi usulan pada 2020,” ujarnya.

Berdasarkan RPJMD, tema pembangunan tahun ini adalah Kota Baubau Tangguh dan Berkelanjutan, tahun depan Kota Baubau Handal dan Berdaya Saing. Sejalan dengan tema tahun ini penguatannya pada aspek infrastruktur dan ekonomi.

Maka itu, lanjut Andi Hamzah, momentum Musrembang tingkat Kota Baubau direncanakan pada Rabu (27/3) nanti menghadirkan tiga pembicara, Bonifasius Wahyu Pudjianto
(Direktur Pengembangan Pasar Luar Negeri, Deputi Pemasaran Bekraf), Dr. Sutopo Purwo Nugroho, M.Si., APU (Kepala BNPB RI), dan Dr Roni Muhtar. Sekaligus dilakukan penandatanganan Berita Acara RKPD 2020.

“Sesuai arahan pak wali kota, Bappeda konsen agar setiap tahun ada program munumental yang bisa diingat masyarakat. Yang jadi ikon Baubau,” ujarnya.

Amatan koran ini, hari pertama kegiatan forum OPD dihadiri sejumlah Kepala OPD, diantaranya Maulana Gafur (Kepala Kesbangpol), dan Mustafa Zain (Kepala Litbang).

Secara terpisah, Eko Prasetya, ST, MM, Kabid Analisis Data Pembangunan, Perencana Program Daerah, Pengendalian, Evaluasi dan Pelaporan Bappeda Baubau menambahkan forum OPD merupakan arena strategis dalam menentukan prioritas pembangunan sektoral terutama OPD yang terkait dengan pelayanan publik serta OPD pelaksana urusan wajib pelayanan dasar. Pada pelaksanaan Forum OPD dipergunakan pendekatan perencanaan teknokratis dan top-down dimana kebijakan lima tahunan yang tertuang dalam RPJMD dan Renstra OPD dijabarkan dalam rencana kerja tahunan dengan memperhatikan aspirasi masyarakat yang diserap OPD pada forum musrenbang kecamatan.

Berkaitan dengan program monumental tahun ini, sejumlah kegiatan berskala internasional antara lain Festival Keraton dan Masyarakat Adat (FKMA) Asean pada medio Juni nanti.

Berikutnya, dalam bidang infrastruktur diantaranya, perluasan Bandara Betoambari, Rusunawa PNS dapat dihuni, pembangunan BLK, dan tersedianya Rumah Singgah Palayanan 24 jam bagi masyarakat terlantar dan bermasalah.(p20)

Sumber : https://publiksatu.com/pemkot-baubau-rancang-program-monumental-101936

LINKS
Copyright 2016 - 2019 Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kota Baubau
Top