• Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kota Baubau
  • Kamis, 27 Juli 2017
BERITA
Terobosan Pertama di Sultra, Raih Predikat Nomor Satu
14 Maret 2017 07-26-52

(Laporan: Irwansyah Amunu, Baubau)

PENYUSUNAN dokumen APBD berbasis online, Pemkot Baubau merupakan daerah pertama di Sultra yang menerapkannya. Apa saja kehebatannya? Musrenbang kali ini merupakan sejarah baru bagi Pemkot Baubau. Beda dengan tahun sebelumnya, instansi yang dipimpin DR Roni Muchtar ini melakukan terobosan dengan menggunakan Informasi Teknologi (IT).Tak heran, bila untuk tahun ini Pemkot Baubau meraih predikat pertama di Sultra sebagai perencana terbaik. Baubau mengalahkan Buton yang berada di urutan ke dua, dan Konsel di urutan ke tiga.Jurus yang digunakan Roni Muchtar tergolong jitu. Sebelumnya Baubau masuk dalam rapor merah, kini berubah menjadi posisi teratas.

Kemajuan tersebut tidak hanya mengharumkan nama Baubau, namun juga memudahkan jajaran birokrasi dalam menyusun anggaran. Program yang ada dari kelurahan, kecamatan, dan SKPD dilakukan secara terbuka. Dengan demikian membuka ruang partisipasi aktif dari semua stake holder dan masyarakat untuk mengawal dan memasukkan usulan kegiatan.Maka itu, dalam forum SKPD yang digelar selama tiga hari, sejak Senin (20/3) nanti, E-Planning sangat membantu. Usulan dari bawah, akan dikonformasi, dan disinkronisasi dengan SKPD.Perubahan paradigma perencanaan pembangunan yang dilakukan Bappeda, sangat tepat. Apalagi Baubau pernah meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam akuntabilitas pengelolaan anggaran dari BPK Wilayah Sultra.

Terkait perubahan mekanisme penyusunan program perencanaan pembangunan tersebut, diapresiasi positif Kepala Badan Pengelolaan Keuangan, Aset, dan Pendapatan Daerah (BPKAPD) Baubau, Abdul Fatar SE MSi. Secara makro, dia menyambut baik inovasi yang dilakukan Kepala Bappeda Baubau, Dr Roni Muchtar.Kepala Bappeda Baubau, Dr Roni Muhtar melalui Kabid Perencanaan Makro Bappeda, Eko Prasetya mengaku karena terobosan baru tersebut, Pemkab Kolaka berencana berkunjung ke Baubau. Info dari pihak Bappeda Sultra, rencananya Bappeda Kolaka bertandang akhir bulan ini, namun agenda pastinya belum ada info resmi via surat dari Kolaka.

 

Sumber : http://butonpos.fajar.co.id

LINKS
Copyright 2016 - 2017 Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kota Baubau
Top